KAJIAN PERENCANAAN LAYOUT DERMAGA CPO (PONTON KAP. 3000 DWT) DESA KAYU ARA SEKAYU – KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Main Article Content

robi sahbar Srikirana Meidiani

Abstract

Kebutuhan distribusi akan barang di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan semakin meningkatnya, untuk itu dibutuhkan juga sebuah fasilitas penunjang yang cukup memadai. Salah satu fasilitas penunjang yang utama adalah transportasi atau jalur penyeberangan melalui jalur laut atau sungai, karena distribusi melalui jalur laut atau sungai  dengan jumlah barang yang cukup besar memiliki kelebihan tersendiri dari segi waktu dan harga dibandingkan dengan transportasi jalur darat maupun udara. Komponen-komponen utama transportasi laut atau sungai antara lain : kapal, sungai, dermaga serta fasilitas penunjang lainnya.  Provinsi Sumatera Selatan merupakan daerah yang mempunyai tumbuhan atau kebun kelapa sawit yang luas dan merupakan salah satu penghasil minyak kelapa sawit atau CPO (Crude Palm Oil) terbesar di Indonesia.


Desa Kayu Ara Sekayu Provinsi Sumatera selatan dengan Sungai Musinya sebagai salah satu alat transportasiatau penyeberangan sangat strategis untuk di bangun sebuah dermaga CPO, yang berfungsi sebagai penyeberangan dari desa kayu ara ke  desa lumpatan.


Hasil dari kajian dan perencanaan Lay Out Dermaga CPO (Ponton Kap. 3000 DWT) ini dihasilkan kebutuhan akan suatu dermaga dengan dimensi : lebar alur pelayaran = 122,40 m, HIzin (kedalaman kapal) = 7,80 m, Elevasi Apron = + 12 m, panjang tambatan kapal = 102,30 m, jarak antara breasting dolphin = 32 m dan jarak antara breasting dolphin = 102 m

Article Details

How to Cite
SAHBAR, robi; MEIDIANI, Srikirana. KAJIAN PERENCANAAN LAYOUT DERMAGA CPO (PONTON KAP. 3000 DWT) DESA KAYU ARA SEKAYU – KABUPATEN MUSI BANYUASIN. TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 170-176, dec. 2021. ISSN 2686-5416. Available at: <http://teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/189>. Date accessed: 25 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v8i2.189.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)