STUDI TENTANG PENGARUH JENIS MEDIA PENDINGIN DENGAN KEDALAMAN PEMBUBUTAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAHAN PADA PROSES PEMBUBUTAN LOGAM

Main Article Content

Tarmizi Husni

Abstract

Proses produksi merupakan proses pembentukan material menjadi sebuah produk yang dikehendaki. Guna mendapatkan produk yang berkualitas maka pengembangan-pengembangan kegiatan produksinya harus dilakukan, salah satu ukuran yang berhubungan dengan kualitas hasil produksi adalah kehalusan permukaan benda hasil pekerjaan.  Dalam proses pembubutan akan terjadi panas pada saat kegiatan mata pahat menyayat benda kerja, untuk itu perlu dilakukan proses pendinginan dengan memberikan semacam cairan pada waktu proses pembubutan itu berlangsung.   Panas yang timbul saat pembubutan itu akan mempengaruhi tingkat kehalusan permukaan pada benda kerja sebagai akibat dari gesekan yang terjadi.   Penelitian ini bertujuan sebagai studi dalam rangka mengetahui besarnya pengaruh media pendingin dalam proses pembubutan terhadap kehalusan permukaan logam dengan media pendingin berupa minyak pelumas, drumus dan udara.  Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa kehalusan permukaan yang terendah didapat dengan mempergunakan media pendingin dromus.


Kata Kunci: Media pendingin, Kehaluasan Permukaan, Bubut, Material

Article Details

How to Cite
HUSNI, Tarmizi. STUDI TENTANG PENGARUH JENIS MEDIA PENDINGIN DENGAN KEDALAMAN PEMBUBUTAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAHAN PADA PROSES PEMBUBUTAN LOGAM. TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 176-184, feb. 2018. ISSN 2686-5416. Available at: <http://teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/72>. Date accessed: 30 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v4i2.72.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>